Home » , » VANILLA CREAM PUFF (KUE SUS VLA VANILLA)

VANILLA CREAM PUFF (KUE SUS VLA VANILLA)



Ini sebenarnya adalah kue pertama yang saya panggang dengan oven baru di Korea. Setelah membeli oven, mungkin sekitar semingguan itu oven nganggur saja tidak tersentuh, hanya dinyalakan sekali saja saat test menyala atau tidak, hehee... Waktu itu belum semangat baking kue lagi, entahlah lagi malas saja. Ya saya juga manusia, terkadang rasa malas baking datang juga walaupun notabene hobby baking dan tukang kue ^^

Lalu tibalah saat Nadhifa merengek pengen kue sus kesukaannya, mungkin dia kangen sudah lama tidak makan kue sus bikinan Bundanya. Ya sudah pagi-pagi berkutat di dapur dengan telur, tepung, gula dan kawan-kawannya untuk membuat kue sus permintaan Nadhifa. Padahal saat itu saya belum trial and error dengan oven baru saya, belum memahami settingan yang pas untuk oven elektrik mungil yang baru seminggu saya beli dan belum pernah dipakai.

Seperti yang sering saya katakan jika ada teman-teman yang mengeluh tentang ovennya, "Pahami karakter oven masing-masing agar hasil kuenya bagus." dan untuk memahami karakter oven yang kita punya, kita harus sering bergaul dengannya, harus sering dipakai dan bereksperimen. Bisa jadi di resep ditulis lama waktu pemanggangan sekian, ternyata di oven kita berbeda (bisa lebih cepat, bisa lebih lama), juga besar api atau suhu, dan sebagainya. Dan benar saja, waktu memanggang kue sus ini, loyang pertama gosong saudara-saudara, hehehee... Kepedean aja gitu manggangnya, pake suhu 200'C dan ditinggal mengerjakan pekerjaan yang lain. Waktu memanaskan oven, saya pakai api atas bawah, niat hati saat adonan masuk api atas akan saya matikan jadi hanya memanggang dengan api bawah saja, eeehhh saya kelupaan akhirnya kue sus-nya gosong deh. Tapi alhamdulillah loyang demi loyang berikutnya berhasil donk ^_^




Ku sus ini masih tetap pakai resep yang sama dengan yang sudah sering saya posting di blog ini sebelumnya. Sebagian kue sus ini saya bawa piknik ke Anyang bersama tetangga Indonesia disini. Alhamdulillah katanya "Wah, enak Mba kue sus-nya. Kalau kata saya kue sus-nya TLJ bakery kalah deh sama kue sus buatan Mbak Ricke ini." Alhamdulillah ^_^
 
Copyright © 2013. 1000 Aneka Resep Masak